rienworld

Monday, June 8, 2009

Wanita lebih Rentan Mandul Dibanding Pria

Mandul? Adalah kata yang paling banyak ditakutkan setiap pasangan suami istero. Karena bukankah salah satu tujuan berumah tanga adalah meneruskan garis keturunan. Meskitak semua orang berpendapat sama, tapi secara umum begitulah faktanya. “Semoga cepat mendapat momongan” begitulah biasanya dia bagi mereka yang baru menjadi pengantin baru. Risih juga kalau ditanya “sudah punya anak berapa?” oleh kenalan atau keluarga (terutama keluarga jauh) ketika setalah bertahun-tahun menikah namun belum juga dikarunia momongan. Banyak mitos dan fakta di seputar masalah kemandulan ini. Ada yang mengatkana keputihan bisa mengakibatkan kemandulan, soal keturunan ‘anak jarang’ atau lainnya. Ada ratusan bahkan ribuan wanita yang tengah mengalami keputihan juga dilanda kecemasan soal infertilitas atau ketidaksuburan. Bahkan banyak pasangan yangtak habis pikir, mengapa mereka belum juga dikarunia keturunan, padahal segala usaha sudah dilakukan secara maksimal baik melalui ilmu kedokteran maupun melalui ‘orang pintar’.
Dokter R. Muharam, SpOG dari Sub Bagian Imunoendokrinologi Reproduksi Bagian Obsteri dan Ginekologi, FKUI.RSCM, mengungkapkan secara garis besar kesuburan (fertilitas) seseorang dinilai dari kecukupan jumlah dan kualitas sel-sel reproduksi, yaitu sel telur (ovum) pada wanita. Nah, produksi sel-sel tersebut dipengaruhi oleh faktor psikologi, hormonal dan keturunan (genetik). Kesuburan seorang wanita dapat terganggu bila ada gangguan-gangguan dari dalam maupun luartubuh pun terganggu. Sebut saja kelainan anatomis bawaan (sejak lahir), penyakit infeksi , penggunaan obat-obatan tertentu, hingga penyakit keputihan yang terjadi pada wanita. Sehingga kecemasan wanita yang jarang haid dan keputihan cukup berasan karena ternyata keputihan memang bisa menyebabkan kemandulan atau infertilitas.

Wanita lebih Rentan
Kemandulan dapat terjadi pada pria dan wanita. Berdasarkan hasil survei dari sebuah website wanita, terbukti bahwa gagalnya kehamilan pada pasangan yang sudah menikah selama 12 bulan, 40% disebabkan oleh infertilitas pria, 40% infertilitas pada wanita, dan 20% lagi adalah kombinasi keduanya. Meski banyak pria dan wanita memiliki risiko yang sama, tetapi yang menjadikan wanita mandul lebih banyak sehingga wanita lebih gampang mandul (infertil). Hanya gara-gara infeksi ringan di organ reproduksi saja seorang wanita dapat menjadi mandul. Apalagi faktor yang menyebabkan mandul pada wanita sangat banyak dibandingkan pria, mulai infeksi bagian reproduksi hingga pengaruh lingkungan kerja. Kendati faktor pencetus kemandulan banyak, bukan berarti kemandulan pada wanita tak dapat dihindari dan diobati. Seperti diungkapkan dr. H. Enud J. Surjana, SpOG, KFER dari Klinik Yasmin, Paviliun Cenderawasih, RSCM Jakarta, mengatakan ketidaksuburan wanita secara umum dapat disebabkan oleh buruknya asupan gizi yangdidapat, penyakit kronis yang diindapnya, polusi lingkungan dan beban psikologis. Hal ini dipertegas dengan hasil penelitian yang dilakukanoleh Fakltas Kedokteran Universitas Indonesia pada akhir era tahun 90-an. Dalam penelitian tersebut terungkap, latihan fisik yang berat dan kurangnya waktu istirahat menyebabkan mereka kelelahan dan stres. Kelelahan dan stres itulah yang mengakibatkan siklus haid pada taruni polwan menjadi tidak teratur atau bahkan jarang mendapatkan haid. Terlebih lagi, para taruni kala hadi mengalami sakit yang luar biasa. Haid yang tidak teratur dan rasa sakit itu merupakan indikasi adanya kelainan dalam organ reproduksi mereka yang dapat berakibat kemandulan. Hal yang sama juga bisa terjadi pada ibu rumah tangga maupun wanita karir karena pola pekerjaan mereka yang berat setiap hati yang pada akhirnya menyebabkan kelelahan fisik dan psikologis.
Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi otak dan berdampak pada terganggunya sistem hormonal kewanitaannya, seperti menyebabkan kelainan haid, kesulitan bersenggama, penekanan produksi sel telur, penyempitan saluran telur dan gangguan hormon. Selain tekanan psikologis, kondisi udara ibukota yang tingkat polusinya tinggi dan gaya hidup yang banyak mengonsumsi junk food dapat mempengaruhi kadar hormon estrogen. Apalagi diakui dr. Enud, ada wanit ayang nafsu makannya meningkat karena stres, sehingga meningkatkan kadar insulin dan kolesterol dalam darah yang tentunya mempengaruhi pada kesehatan organ reproduksi dan organ vital lainnya.

Infeksi Organ Reproduksi
Infeksi organ reproduksi wnita mulai dari vagina hingga rahim juga menjadi penyebab kemandulan pada wanita. Ketidaksuburan pada wanita juga bisa terjadi akibat adanya penyumbatan atau penyempitan leher rahim, rahim tertekuk ke belakang, penyakit radang panggul, polip, peradangan menahun, tumor otot rahim, pelekatan rahim dan infeksi, menyebabkan zygote tidak dapat membenamkan dirinya pada selaput lendir rahim. Selain itu, wanita yang telah melakukan abortus berulang dapat terjangkiti infeksi bahkan rahimnya robek. Jika rahim robek terjadi pendarahan yang hebat dan tak hanya membuat wanita tidak subur, namun juga mengancam jiwanya.
Selaput dara yang menebal sejak lahir membuat haid tidak pernah keluar dan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut dapat terjadi infeksi dan membuat kemandulan. Terkadang beberapa wanita yang anatomi tubuhnya mengalami kecacatan, seperti misalnya tidak mempunyai lubang vagina, walaupun bentuk fisik luarnya sempurna. Sehingga setiap kali berhubungan intim dan suami ejakulasi, sperma tidak pernah masuk ke arhim dan tidak pernah terjadi pembuahan. Kemandulan juga bisa terjadi karena tertutupnya saluran telur yang disebabkan tertutupnya saluran telur akibat terjadinya perlekatan akibat radang usus buntu, TBC, infeksi karena keguguran, pernah dikuret (terjadi luka) yang membuat sel telur dan sperma tidak bisa bertemu. Kelain organ reproduksi biasanya terjadi pada wanita yang bekerja di lingkungan yang banyak radiaso radio aktif, seperti operator rongent.


Upaya Mengatasi Ketidaksuburan
Berbagai cara telah dilakukan untuk mengatasi problem infertilitas, mulai dengan cara sederhana dengan cara mengatur pola hubungan seksual pada masa subur, hingga cara modern seperti pembuahan secara inseminasi. Untuk mengatasi ketidaksuburan kaum wanita, menurut dr. Muharam dapat dilakuakn dengan pemberian obat-obatan hormonal maupun non-hormonal atau dengan pembedahan. Namun semua itu tergantung faktor penyebabnya. Oleh karena itu, pasien harus terbuka dengan dokter, mulai dari gaya hidup, riwayat penyakit yang diderita hingg hal-hal yang menganggu psikisnya. Bagi mereka yang sudah ditemukan kerusakan atau kelainan yang menjadi penyebab kemandulan akan diatasi dengan obat-obatan, yang mengandung hormon maupun tidak. Jika kelainannya diperkirakan masih bisa diperbaiki, misalnya karena rahim yang tertekuk atau perlekatan di saluran telur atau rahum, maka akan dilakukan tindakan pemebedahan. Dengan demikian fungsi alat reproduksi yang tadinya terganggu diharapkan dapat berfungsi lagi.
Namun jika kerusakannya tidak bisa diperbaiki lagi atau disembuhkan maka kepada mereka akan diajukan beberapa kemungkinan. Misalnya mengangkat anak, atau mengikuti program bayi tabung atau Tagit (tandur alih gamet intra tuba). Sedangkan jika ketidaksuburan tersebut akibat beban psikologis, pasien disarankan untuk mengatasinya dengan caranya sendiri. Jika tidak sanggup mengatasinya, maka akan dirujuk ke psikolog atau psikiater.
Selain itu, ada wanita yang nafsunya makannya meningkat karean stres sehingga obesitas, bahkan dibarengi penyakit kronis lainnya seperti jantung dan diabetes militus. Hal ini berpengaruh pada organ reproduksinya, sehingga wanita tersebut harus merubah pola hidupnya, jika ingin terhindar dari masalah kemandulan ini. Dan yang tidak kalah penting adalah banyak olahraga, terutama aerobik. Pasalnya, aerobik dapat memacu mengembalikan siklus hormon kewanitaan menjadi normal. Wanita yang sulit hamil maupun mengalami keguguran berulang disarankan menjalani pemeriksaan TORCH, yaitu infeksi multiorganisma parasit toksoplasma gondii, virus rubella, sitomegalo, herpes simpleks dan bakteri klamidia, serta pemeriksaan kadar antikardiolipin antibodi (ACA) dalam darah. Infeksi TORCH bisa menyebabkan kematian janin maupun cacat bawaan pada bayi. Semenatara kadadar ACA yang tinggi menyulitkan pelekatan hasil pembuahan sel telur ke dinding rahim, serta menganggu perkembangan janin sehingga terjadi keguguran.

Hindari Pemakaian Obat Perangsang dan Kontrasepsi
Selain akibat infeksi, psikologis dan faktor lingkungan, pemakaian kontrasepsi sering dituding sebagai salah satu penyebab wanita yidak kunjung hamil. Padahal mitos tersebut tidak benar, wanita yang memakai kontrasepsi hanya untuk mencegah kehamilan. Kalaupun setekah lepas kontrasepsi susah hamil, umumnya disebabkan terjadi infeksi saat pemasangan atau pelepasan alat kontrasepsi tersebut. Namun seperti dikatakan dr. Muharam, jika menunda kehamilan terlalu lama memang dapat membentuk zat antibodi anti-sperma yang menolak masuknya sperma ke rahim. Sehingga acapkali sperma masuk ke rahim akan ditolak dan tak terjadi pembuahan. Oleh karena itu, wanita uang ingin hamil sebaiknya menghilangkan antibodi anti-sperma dengan terapi pengobatan. Jika tidak dapat dihilangkan, baru disarankan melakukan inseminasi buatan atau bayi tabung. Dokter Muharam juga menganjurkan bagi wanita baru menikah sebaiknya tidak menunda kehamilan. Kalau tetap ingin menunda kehamilan sebaiknya menggunakan kontrasepsi kondom, hormonal, dan IUD. Selain itu, ia mengingatkan agar jangan sembarangan meminum obat-obatan peluntur kandungan dan obat perangsang. Yang juga penting diketahui adalah efek dari obat peluntur dan obat perangsang yang bisa dibelu bebas yang terbuat dari bahan hormonal dan non hormonal kerap memicu kemandulan. Pasalnya, obat-obat perangsang tersebut merangsang produksi androgen, sehingga hormonal kewanitaannya menjadi kacau. Sedangkan dari obat peluntur kandungan dapat membuat rahim kering, bahkan menjadi bocor dan terjadi pendarahan hebat yang membahayakan nyawa wanita tersebut.

Labels:

2 Comments:

  • Saya Ibu Dian, sudah 5tahun setelah saya menikah namun saya belum punya momongan,
    Saya udah berobat kemana-mana secara medis maupun tradisonal namun tidak membuahkan hasil,
    Terakhir saya berobat tradisional di seseorang yang berpengalaman hanya melalui telpon/Hp : 0823-2710-2777 atas nama KI AGENG,
    Awalnya saya ragu karena hanya melalui telpon tetapi dengan rasa penasaran saya coba hubungi nomor tersebut dan konsultasi,
    ternyata KI AGENG mengusai beberapa Ilmu mistis diantaranya :
    1.Santet/Teluh
    2.Pelet
    3.Pesugihan kekayaan
    4.pengobatan tradisional segala jenis penyakit
    5.Menghilangkan janin dalam kandungan
    6.Junjung derajat
    7.Meramal jodoh dan rezeki
    8.Ilmu kekebalan.
    Pada akhirnya saya di obati dari jarak jauh,
    1bulan setelah saya di obati jarak jauh saya mulai mual dan sebagainya,
    kemudian saya langsung periksa ke ahli kandungan setempat dan alhamdulillah hasilnya positif dan akhirnya saya memiliki seorang anak.

    By Blogger Unknown, At May 25, 2015 at 1:36 AM  

  • Dengan biaya 500ribu perak aja , saya siap antar anda ke tempat juru kunci yang nyata bukan abal-abal/palsu/penipu/apalah-apalah.

    khusus dan hanya bagi anda yang sudah benar benar telah frustasi dan gak tau lagi cara nya buat lunasin utang-utang anda yang harus segera anda lunasi atau udah kebelet buat dapetin modal tambahan buat usaha anda.


    Silahkan hub saya di :0896 256 83840

    NB : Syarat dan ketentuan berlaku.

    By Blogger Unknown, At May 26, 2015 at 9:15 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home