rienworld

Monday, June 8, 2009

Wanita dan Rokok


Mungkin sebagian wanita tidak tahu, rokok merenggut nyawa 140.00 wanita per tahun yang disebabkan oleh penyakit terkait merokok. Bahkan, rokok akan berefek lebih fatal pada wanita dibandingkan pria. Mengapa demikian?
  • Wanita perokok yang menggunakan kontrasepsi oral meningkat risikonya menderita penyakit jantung, penyakit pembekuan darah, dan stroke, apalagi setelah usia 35 tahun.
  • Wanita hamil dan menyusui. Rokok telah terbukti menyebabkan berbagai kelainan pada kehamilan seperti persalinan prematur, berat badan bayi rendah, ketuban pecah dini, plasenta previa (plasenta menghalangi jalan lahir), keguguran, dan kematian bayi. Bayi Anda juga akan “ikut merokok” bersama Anda dan akan ikut ketagihan. Bayi yang terlahir dariibu perokok lebih mudah batuk pilek, sakit telinga, terkena masalah pernapasan, dan lebih sering berkunjung ke dokter anak
  • Wanita perokok 33% lebih rentan terkena randang panggung dibandingkan yang bukan perokok.
  • Bila seorang wanita mulai merokok dan usia remaja, risiko menopause dini akan meningkat tiga kali lipat. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan gangguan haid termasuk keputihan. Hal ini mungkin disebabkan terganggunya kerja indung telur akibat rendahnya kadar estrogen pada perokok wanita.
  • Merokok menghambat efek terapi pengganti estrogen pada wanita menopause.
  • Wanita yang merokok satu bungkus per hari akan mengalami kehilangan densitas tulang 5-10% lebih banyak dibandingkan bukan perokok setelah menopause.
    Wanita perokok 50% lebih tinggi risikonya terkena penyakit jantung dibandingkan pria perokok akibat interaksi estrogen (yang melindungi jantung Anda) dengan zat kimia dalam rokok.
  • Wanita perokok berisiko lebih tinggi untuk menderita kanker mulut rahim. Diduga, rokok melemahkan daya tahan sel-sel mulut rahim untuk melawan infeksi dan memudahkan sel-sela abnormal untuk berkembang biak.
  • American Cancer Society menemukan risiko kanker payudara pada wanita perokok 25% lebih tinggi risikonya meningkat menjadi 75% pada wanita yang merokok 2 bungkus per hari.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home