rienworld

Tuesday, May 26, 2009

Nilai APGAR

Satu menit dan lima menit setelah bayi lahir, akan dilakukan tes APGAR untuk melihat kondisi bayi. Tes ini merupakan proses sederhan untuk menentukan apakah bayi yang barulahir siap untuk hidup di dunia tanpa peralatan tambahan. Nila APGAR- dikembangkan oleh seorang ahli anestesi Viriginia Apgar pada tahun 1952 menggunakan 5 komponen penilaian yanitu aktivitas tonus otot, detak jantung, reaksi refles, warna kulit, dan pernapasan.

Gerak Refleks Bayi Baru Lahir
Refleks mencari puting susu (rooting). Bila sudut bibir dan pipi bayi disentuh, bayi akan langsung memiringkan kepalanya ke arah datangnya sentuhan dengan mulut terbuka.
Refleks menghisap. Jika Anda meletakkan tangan di pipinya, maka bayi akan menoleh dengan mulutterbuka dan siap menghisap. Bahkan bayi sudah memiliki kemampuan menelan segera setelah dilahirkan.

Refleks terkejut (Refleks Moro). Jika bayi mendengar suara keras secara tiba-tiba atau pegangan yang kurang mantap hingga seperti akan jatuh, maka tangan dan kakinya akan bergerak dengan jari-jari terbentang seperti berusaha memegang sesuatu.
Refleks melangkah. Jika bayi disangga pada bawah lenganya dalam posisi berdiri dab ujung kaki menyentuh permukaan, maka bayi akan mengangkat salah satu kakinya dan kakinya yang lain seperti gerakan akan melangkah.

Refleks menggenggam (Babinski). Jika telapak kaki bayi disentuh maka kaki maupun jari-jari akan menekuk ke arah dalam.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home